SD SMP SMA

SD SMP SMA

Rabu, 20 Mei 2015

HARI KEBANGKITAN NASIONAL



RUMAH BELAJAR PERMATA (021) 918 913 57
MENERIMA PENDAFTARAN HOMESCHOOLING SD, SMP, SMA
BISA BELAJAR DI RUMAH, LOKASI SHOOTING, WISMA ATLIT, DLL
JADWAL FLEKSIBLE. IJAZAH RESMI BISA UNTUK MELANJUTKAN
KE SEKOLAH UMUM/ JENJANG PENDIDIKAN YANG LEBIH TINGGI
PTN/ PTS DALAM MAUPUN LUAR NEGERI

RUMAH BELAJAR PERMATA (021) 918 913 57
MENERIMA PENDAFTARAN LES PRIVAT TK, SD, SMP, SMA
KAMI SIAPKAN TENAGA-TENAGA PENGAJAR HANDAL
YANG SIAP DATANG KE RUMAH SISWA WILAYAH JABODETABEK
JAKARTA SELATAN, DEPOK, TANGSEL DAN SEKITARNYA

  =======================================


MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL


Sejarah Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. Kebangkitan Nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia, yang sebelumnya masih bersifat kedaerahan dan berjuang untuk daerahnya masing-masing. Kebangkitan Nasional ditandai dengan 2 peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Berdirinya Boedi Oetomo (Budi Utomo)

Budi Utomo didirikan oleh para mahasiswa STOVIA (Sekolah Dokter Pribumi) Jakarta antara lain: dr. Sutomo, Suraji, Gunawan, dan Muhammad Sholeh.
Pada tanggal 20 Mei 1908, Sutomo bersama para mahasiswa STOVIA mengadakan rapat di ruang Anatomi, gedung STOVIA. Dalam rapat tersebut, mereka sepakat mendirikan organisasi dengan
nama “Budi Utomo”. “Budi” artinya perangai atau tabiat sedangkan “Utomo” berarti baik atau luhur. Boedi Oetomo yang dimaksud oleh pendirinya adalah perkumpulan yang akan mencapai sesuatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan perangai atau tabiat, kemahirannya.
Sebagai ketua organisasinya ditunjuk Sutomo. Tujuan organisasi Budi Utomo ialah mencapai kemajuan dan meningkatkan derajat bangsa. Sehingga organisasi Budi Utomo bercorak sosial, budaya, dan pendidikan.
Keanggotaan Budi Utomo, semula terbatas dari kalangan terpelajar dan pegawai-pegawai pemerintah di Jawa dan Madura. Kemudian dalam jangka waktu kurang lebih enam bulan, Budi Utomo mempunyai cabang-cabang di Bogor, Bandung, Magelang, Surabaya, Probolinggo, dan Yogyakarta.
Sejak berdiri pada tanggal 20 Mei 1908, Budi Utomo mengalami perkembangan yang pesat. Untuk keseragaman program, maka pada tanggal 5 Oktober 1908 diadakan Kongres I di Yogyakarta. Dalam kongres diputuskan bahwa Budi Utomo tidak bergerak dalam bidang politik. Sedangkan untuk sementara, kegiatan dipusatkan di Jawa dan Madura.
Karena tidak mengadakan kegiatan politik. Pemerintah Hindia Belanda memandang Budi Utomo tidak berbahaya. Oleh sebab itu, organisasi Budi Utomo diberi badan hukum.
Melihat perkembangan politik di Hindia Belanda akibat perang Dunia I, maka sejak tahun 1915 Budi Utomo terjun ke bidang politik. Bahkan pada Kongres Budi Utomo bulan Desember 1932, tujuan
Budi Utomo berubah secara radikal, yaitu mencapai Indonesia Merdeka.

Saat ini, tanggal berdirinya Boedi Oetomo (Budi Utomo), 20 Mei dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.


HOMESCHOOLING RUMAH BELAJAR HOMESCHOOLING BELAJAR DI RUMAH HOMESCHOOLING GURU KE RUMAH HOMESCHOOLING JABODETABEK HOMESCHOOLING SEKOLAH RUMAH HOMESCHOOLING SELATAN JAKARTA BSD BINTARO CIPUTAT PAMULANG CIRENDEU CINERE PONDOK LABU SAWANGAN DEPOK CIMANGGIS JATIJAJAR CIBUBUR  HOMESCOOLING JAKARTA SELATAN LEBAKBULUS CILANDAK FATMAWATI PASARREBO KALISARI PASARMINGGU KALIBATA