SD SMP SMA

SD SMP SMA

Jumat, 19 Juli 2019

MATERI UN BAHASA INDONESIA SMA


HOMESCHOOLING PERMATA : WA 081315220161
YOUTUBE CHANNEL : RUMAH BELAJAR PERMATA
 
Buku yang digunakan sebagai bahan ajar adalah Buku Detik-detik Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA, Penerbit: Intan Pariwara.
 
MATERI 1

1. Makna Kata / Istilah.

Paragraf disusun dari kalimat-kalimat saling berkaitan. Kalimat dalam paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti.

Makna adalah arti atau pengertian dari suatu kata atau kalimat.
Makna atau arti sebuah kata dapat ditemukan dalam kamus KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).


Latihan soal UN SMA Materi 1.

1.    Bacalah paragraf berikut.
        Bank Indonesia akan menetapkan batas maksimum dan standardisasi biaya isi ulang uang elektronik.  Aturan ini bertujuan melindungi konsumen Dan mendorong volume penggunaan uang elektronik.  Selama ini pengenaan biaya isi ulang uang elektronik tidak memiliki standardisasi tertentu.  Oleh karena itu, Bank Indonesia akan memberlakukan biaya tambahan agar uang tersebut tidak melebihi batas maksimum yang ditetapkan.
 Makna kata standardisasi pada paragraf tersebut adalah... 
A. penetapan
B. persamaan
C. pembakuan
D. pengukuran
E penyeragaman

2.    Perhatikan paragraf berikut.
        Poco-poco merupakan salah satu kesenian daerah Manado, Sulawesi Utara. Gerakan tari Poco-poco diiringi dengan lagu berbahasa Manado. Gerakan tari Poco-poco memiliki rentak yang lincah. Kaki penari bergerak dinamis, baik ke arah depan, samping, maupun belakang.
Kata rentak pada paragraf tersebut bermakna...
A. gerakan kepala
B. gerakan badan
C. gerakan tangan
D. gerakan pinggul
E. gerakan kaki

3.    Perhatikan paragraf berikut!
Insulin merupakan salah satu terapi yang perlu dilakukan untuk membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Umumnya orang memiliki pemahaman yang negatif dengan penggunaan insulin. Pemahaman itu muncul karena adanya mitos yang tersebar dalam masyarakat. Salah satu mitos tentang insulin yang membuat orang ketakutan menggunakan insulin yaitu gagal mengontrol gula darah.
Arti istilah terapi yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah...
        A. penyembuhan penyakit
B. perawatan penyakit
C. pemulihan penyakit
D. pencegahan penyakit
E. penanggulangan penyakit

4.    Perhatikan paragraf berikut.
        Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala Daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau Nusantara, menyusun program strategis bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
Arti kata regulasi yang digunakan dalam paragraf tersebut adalah...
A. percobaan
B. pengaturan
C. persetujuan
D. pengabsahan
E. pengamatan

5.    Perhatikan paragraf berikut!
        Investor Tiongkok bergerak di area manufaktur. Mereka rata-rata membangun pabrik di daratan Tiongkok. Kini mereka mulai mencari tempat baru, termasuk di Indonesia. Selain manufaktur, investor Tiongkok tertarik pada energi dan infrastruktur. Kwan Ho mengatakan, perusahaan Tiongkok yang siap ekspansi ke Indonesia rata- rata memiliki kualifikasi di sektor tersebut.
Kata kualifikasi dalam paragraf tersebut berarti ...
A. kekuatan
B. keahlian
C. kecocokan
D. kemampuan
E. kepentingan